Partner

The Masked Man | Free Download EDHO-XP - Free Download All EDHO-XP - Free Download All

Politik, SMS Komodo, dan Penipuan New 7 Wonder



Akhir-akhir ini berita tentang Komodo menjadi permainan masyarakat Indonesia. Dengan SMS sekali 1 rupiah mereka dapat melakukan vote kepada salah satu site keajaiban milik Indonesia, Komodo. Melihat banyak berita yang muncul tentang New7Wonder menjadikan saya penasaran mencari informasi tentang yayasan ini. 
Dalam berita hari ini Republika mengatakan, “Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Bern, Swiss, Selasa (1/11), meragukan keberadaan Yayasan New7Wonder. Dalam siaran pers yang dikirimkan kepada Republika, Duta Besar RI di Swiss Djoko Susilo mengungkapkan pihaknya sudah melakukan penelusuran terhadap keberadaan yayasan ini. Malah, pihak KBRI pernah membantu delegasi dari Jakarta untuk melakukan penyelidikan atas yayasan ini.”
Wah ini ada kemungkinan apes. Dari Presiden sampai mantan Wakilnya, bertubi-tubi mendorong bangsa ini untuk mengirimkan SMS-nya ke salah satu nomor untuk mendorong kenaikan vote. Bahkan dalam salah satu acara, dikabarkan JK meminta telpon genggam salah satu peserta acara untuk memberikan vote kepada Komodo. Dan di milis-milis email berbau provokasi pun bertebaran. Siapa yang kirim pertama kali tidak jelas!
Sebagai pelaku IT, saya ingin  melihat keanehan website New7Wonder dari sisi IT. Saya kumpulkan dari berbagai sumber untuk mengetahui seluk-beluk informasi domain dan website yang dimilikinya. Bisa jadi apa yang sampaikan adalah salah, tapi bisa jadi adalah benar. Semoga saja dari  perwakilan pihak New7Wonder memberikan klarifikasi dari tulisan saya ini.

1. Beberapa alamat URL yang “bolong-bolong”

Saya mencoba mengakses  website yang memungkinkan untuk mendapatkan alamat kantor, nomor telpon yang dapat memudahkan orang mengontaknya, akan tetapi tidak mendapatkan. Malah mendapatkan URL yang tidak terisi dengan baik, alias “bolong-bolong”.

Misalnya adalah ini:

Blog Foundernya melompong:

http://world.n7w.com/worldtour/the-founders-blog-2/

Ada photo yang memperlihatkan foundernya bersalaman dengan seseorang dengan judul “United Nation Partnership”, http://world.n7w.com/about-n7w/united-nations-2/


13201944482118497469

Link ini kalau diklik munculnya seperti di bawah ini, TIDAK ADA ISINYA!


13201946312124017690 

ini sudah pertanda ada yang mencurigakan dalam website ini, alias tidak bisa dipertanggung jawabkan. Sebagai organisasi yang memperhatikan dunia dan diperhatikan oleh dunia, adalah tidak masuk akal apabila ia tidak memperhatikan informasi organisasinya di websitenya sendiri. Sebagai contoh misalya, perusahaan Apple, memuat link URL di websitenya, dan ternyata isinya adalah website kosong. Pelanggan Apple sudah tentu akan kecewa dengan informasi yang ditampilkannya, dan mungkin beranggapan, “Apakah tidak punya orang untuk mementens websitenya?”

Nah kecurigaan saya juga terjadi dengan pengelola New7Wonder ini. Aneh organisasi kelas dunia mempunyai website seperti ini.

2. Tidak ada informasi alamat dan kontak organisasi

Sebagai organisasi pemerhati isu dunia, sudah pasti banyak pihak yang akan/ingin mengontak si empunya organisasi tersebut. Gampangnya, tidak mungkin orang membuat suatu bisnis di dunia maya, akan mempersulit pelanggannya untuk mendapatkan kontak personnya. Nah di website http://www.new7wonders.com/ tidak ada info bagaimana cara mengontak organisasi ini. Saya cantumkan halaman depan websitenya seperti berikut ini,


13201952271249107150

Aneh bin ajaib bukan? Mana mungkin website yang sudah dibicarakan oleh pejabat Indonesia bisa asal-asalan seperti ini.

3. Domainnya memakai informasi yang tidak jelas

Dengan perintah whois di mesin Linux saya temukan informasi seperti di bawah ini.
Alamat domain direcord dengan alamat di Republik Panama.


1320195588401954640
1320195612461970305

Apakah tidak aneh, kantornya di Swiss yang katanya juga dengan alamat yang tidak lumrah, sedangkan yang mengelola domainya ada di Panama? Biasanya dari informasi domain pun seorang pelanggan dengan mudahnya melacak lokasi perusahaannya. Tapi untuk domain ini, tidak semudah itu, dan seolah-olah memang agar pelanggan dibuat bingung.

4. Perhatikan email address di Administrative Contact

Perhatikan email bweber@n7w.com yang ada di informasi domainnya.


1320195612461970305

Kita perhatikan domain n7w.com. Dengan perintah whois di sistem Linux, hasilnya adalah seperti berikut ini.


1320214044696120422 
 Aneh bukan, Administrative Contactnya berbeda dengan domain news7wonders.com!

Orang boleh bilang masih make sense kan, kan boleh-b0leh saja membuat domain dengan alamat yang berbeda? Ok kalau yang membuat saya mungkin tidak masalah, tapi kalau yang membuat adalah perusahaan atau yayasan yang menggoncangkan Republik Indonesia dan negara-negara lainnya adalah aneh. Apakah dengan sembrono seperti ini informasi perusahaan bisa berbeda dalam masalah yang sama? Kalau dalam mengelola kepemilikan domain bisa berbeda, bisa jadi perusahaan itu kurang memperhatikan jati dirinya. Alias bisa jadi tidak bonafid! 

Tapi kenapa JK dan Presiden percaya dengan informasi ini?


Mencoba cari di mesin google tidak ditemukan alamat yang jelas, karena pakai kotak pos sewaan, PO Box 459!

ATTN N7W.COM
care of Network Solutions
PO Box 459
Drums, PA 18222
US
570-708-8780

Ada beberapa kemungkinan sebuah perusahaan pakai alamat PO BOX, antara lain adalah,

1. Tidak punya alamat darat.

2. Tidak punya alamat tetap.

3. Tidak bisa sewa kantor.

4. Tidak punya uang.

5. Salah menejemen.

6. Menghindari SPAM mail

Silakan pilih kira-kira mana yang tepat. Saya bukan memilih yang enam itu, karena bisa jadi salah. Akan tetapi yang jelas organisasi atau perusahaan ini tidak bonafid semakin jelas!

Domain news7wonders.com alamatnya di Panama, sedangkan domain n7w.com alamatnya di Amerika!

Kalau ia perusahaan yang tidak gaptek terhadap IT bisa pasti harus memperhatikan masalah informasi ini. Padahal komunikasi bisa salah karena datangnya informasi yang tidak benar.

5.  DNSnya pakai sevice ultradns.com

Masih dengan informasi ip address yang berhubungan dengan websitenya, saya temukan website new7wonders.com memakai DNS ultraDNS. Dan IPnya milik Amazon. Agak terasa aneh, tapi masih make sense. Bisa jadi system DNS Cloud Amazon bekerja sama dengan ultraDNS dengan memakai service ultraDNS.


13201956321806164867
1320196190116337415
13201963371078840291

Alamat Domainnya di Republik Panama dan PO BOX Amerika,  servernya ada di Amerika, kantor pusatnya ada di Swiss. Aneh tidak kira-kira?

6.  Website new7wonders.com pakai wordpress engine


Untuk melihat CMS engine yang dipakai sebuah website, kita dapat melihat dari struktur CMSnya. Dengan melihat source website depannya, dapat langsung ketahuan bahwa website ini memakai cloud milik Amazon dengan CMS enginenya adalah wordpress.
Parahnya  kita bisa melihat login admin di halaman berikut ini,

http://www.new7wonders.com/wp-login.php


1320199810325936871

Kalau ia adalah perusahaan besar yang mengurusi dunia, selayaknya ia memikirkan security websitenya dengan menutup akses logini ini, atau paling tidak memberikan Basic Auth agar tidak sembarang orang mengakses halaman ini.

7. Statistik website nes7wonders.com dan n7w.com 

Siapa sebenarnya pengunjung website ini? Saya mencoba mencari dengan beberapa website yang menyediakan statistik sebuah website, dan hasilnya cukup mengejutkan.Nomor satu pengunjungnya adalah ip address dari Indonesia!

http://www.markosweb.com/www/new7wonders.com/


1320200221235110281


http://www.alexa.com/siteinfo/new7wonders.com#



Pengunjungnya dari Indonesia sangat besar sekali. Ada apa ini gerangan?

8. Menurut Alexa domain new7wonders.com

Menurut Alexa domain ini didaftarkan oleh orang yang bernama WEBER, BERNARD.
http://www.alexa.com/siteinfo/new7wonders.com#

13202020932016657835 
Aneh bukan? Sebuah organisasi dunia memakai nama pribadi.

9. Sumber Lain

Menurut website http://fotios.org/node/1119 blog tulisan tahun 2007 menjelaskan bahwa ini adalah penipuan.
Pada saat itu domainnya didaftarkan dengan nama seperti berikut ini.


1320202418572136970

Sumber di diskusi facebook bisa dilihat di sini http://www.facebook.com/group.php?gid=97675819961
Di website ini dijelaskan ada sistem Affiliate dan vote pun dapat dibeli.
http://blogulate.com/content/is-the-new7wonders-a-scam/
Kemudian kenapa pembesar-pembesar kita tertipu dengan informasi new7wonders.com ini? Sebenarnya ada yang lebih dahsyat penipuan di Indonesia daripada new7wonder ini, yaitu Blue Energy!

Pada saat itu Orang Indonesia Nomor Satu pun tertipu oleh Blue Energy ini. Jadi itu mungkin jawabannya kenapa orang-orang Indonesia mudah tertipu dengan ecek-ecek ini adalah tidak berfikirnya rakyat ini. Belajar tanpa berfikir adalah sia-sia, sedangkan berfikir tanpa belajar adalah berbahaya!

Nah masalahnya apakah aman negara ini seandainya para pemain politik tertipu dengan New7Wonder ini? Apakah anda akan rela negara ini dipimpin oleh orang-orang yang tidak mau mendengar dan belajar? Bukankah mereka mempunya SDM yang handal? Kenapa masih tercelup kakinya ke kubangan yang sama?

Naif memang kalau orang-orang Indonesia tidak belajar dari pengalaman sendiri dan orang lain. Sudah banyak orang yang meragukan kredibilitas New7Wonder ini, akan tetapi sebagian elit politik Indonesia ngotot akan keabsahannya, mendorong rakyatnya untuk mengirim SMS Komodo.

Source : Berita TerUpdate

.

About EDHO-XP Author

Nama gue Edo Cosma. Nama asli gue Ahmad Dhoifullah . Gue orang nya sedikit pendiam dan pemalu. Apa lagi gue masih menduduki kelas 8 / 2 SMP tepatnya di sekolah SMPN 3 BATANGHARI sekolang yang berada di kotaku. Ini blog hanya percobaan dan iseng aja kok sob. Salam kenal yah sob !


Baca Juga Yang dibawah Ini :

Facebook Comments
1 Blogger Comments


1 Comment For » Politik, SMS Komodo, dan Penipuan New 7 Wonder

Maaf bila Komentar yang belum terbalas /yang request belum bisa terpenuhi karena Admin lagi sibuk banget

- No Spam,No Flood,No Junk,No Iklan,No Sara,No S*x,
- Jangan Ngemis Tempalte Punya EDHO-XP ! karena buatnya susah payah ! baca Disclaimner !
- Dilarang Promosi Agan/Aganwati, Pertamax, Pertamina dsb.
- Gunakan Bahasa yang efektif
- Anda Sopan Kami Segan
- Komentar Alay LANGSUNG admin delete

THANKS!

EDHO-XP Author

Ahmad Dhoifullah
Nama gue Ahmad Dhoifullah, gue salah satu anak kreatif dari komunitas yaitu :DeezClan. Gue benci banget orang yang ngemis tempate hasil karya orang. Entah apa tujuan nya. Plagiat ? Out dari dunia maya. View more about me

Recent Comments

@Dhoooes : Online Peoples